Permohonan Pendaftaran Keanggotaan Baru/Ulang

Pendaftaran Keanggotaan Baru/Ulang untuk mendapatkan KTA

 

Pendaftaran keanggotaan baru adalah jika sejawat baru saja angkat sumpah dokter dan telah mendapatkan ijazah dokter pertama kali, sedangkan pendaftaran keanggotaan ulang untuk sejawat yang telah habis masa berlaku KTA-nya atau yang pindah/mutasi dari IDI Cabang lainnya.

Langkah-langkah pengurusan permohonan pendaftaran keanggotaan cukup mudah.

  1. Pemohon membayar iuran (rincian iuran bisa dilihat pada keterangan di bawah) dan biaya administrasi kartu Rp. 50.000,- yang semuanya ditransfer ke Bank BRI no. Rekening 0596-01-000423-30-2 a.n Ikatan Dokter Indonesia Cabang Jakarta Pusat 
  2. Pemohon menyiapkan berkas-berkas (Surat mutasi (jika mutasi dari IDI Cabang lain), KTP, KTA atau bukti bayar iuran dan administrasi kartu, Ijazah, STR dan Pasfoto) softcopy (dapat dalam bentuk jpg atau pdf) yang disyaratkan untuk diupload
  3. Buka link ini kemudian isi data diri sejawat serta upload berkas
  4. Pemohon datang ke kantor IDI Cabang Jakarta Pusat (klik alamat disini) dengan membawa berkas-berkas hardcopy-nya syarata-syarat di no.2 (karena berkas hardcopy akan diserahkan ke PB IDI)
  5. Pemohon akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota dalam jangka waktu 3-4 Bulan.

 

Rincian iuran

  1. Normal: harus dibayar iuran 3 tahun ke depan sesuai masa berlaku KTA nantinya: 3 x 12 x Rp. 15.000,- = Rp. 540.000,-
  2. jika kartu sudah expired: harus dibayar iuran: 3 tahun ke depan (Rp. 540.000,-) + iuran selisih tahun saat akan diurus dengan tahun expired kartu (iuran yang belum terbayarkan tahun-tahun sebelumnya)
  3. jika kartu hilang: diwajibkan beraudiensi kepada Ketua/Sekretaris IDI Cabang Jakarta Pusat.